Politik

Ketika Ganjar Belajar Mengukir Burung Bangau

Ketika Ganjar Belajar Mengukir Burung Bangau.
Written by mantapkeren

Ketika Ganjar Belajar Mengukir Burung Bangau
Gubernur Ganjar Pranowo kagum dengan patung Jepara saat mengunjungi Sentra Kerajinan Ukir RT 1/5 Mulyoharjo, Kabupaten Jepara. Ia kagum dengan ukiran yang ternyata merupakan lulusan SMP muda.

Ketika Ganjar Belajar Mengukir Burung Bangau. Ganjar mengunjungi Galeri Karir Maya Saafia. Pemiliknya bernama Ulfi, pemuda berusia dua puluh delapan tahun lulusan sekolah menengah pertama, yang memilih tidak bersekolah dan mengeksplorasi seni patung.

Ketika Ganjar Belajar Mengukir Burung Bangau. Saat Ganjar tiba, Ulfi sedang mengerjakan ukiran derek di atas akar kayu. “Kalau dijual begini,” tanya Ganjar, Minggu (18/3/2018).

Ketika Ganjar Belajar Mengukir Burung Bangau. “Yang ini ya Rp 3 juta, kalau naga bisa Rp7 juta,” jawab Ulfi.

Ketika Ganjar Belajar Mengukir Burung Bangau. Ganjar kagum pada naga yang mengukir detail dan rumit tapi terlihat sangat halus penggarapannya. Ukiran dua meter itu dilakukan oleh Ulfi sendiri dalam dua bulan. “Proses pembuatan gambar dulu lalu dikatah atau diukir,” kata lulusan SMP 4 Kuwasen Jepara.

Ketika Ganjar Belajar Mengukir Burung Bangau. Hasil ukiran Ulfi bervariasi dan rata-rata sosok binatang. Selain naga dan bangau, ada juga kuda, ikan koi, elang, gajah, dan lain-lain. Hasil kerajinan itu dijual bervariasi dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Ketika Ganjar Belajar Mengukir Burung Bangau. Ganjar juga sempat berlatih mengukir. Dengan mendapatkan arahan dari Ulfi, Ganjar mencoba melanjutkan ukiran derek. “Nah, ternyata saya bisa mengukir,” canda Ganjar dengan nada bercanda.

Ketika Ganjar Belajar Mengukir Burung Bangau. Calon gubernur nomor satu mengatakan bahwa keterampilan Ulfi dan pengrajin lainnya harus ditransmisikan ke masyarakat, terutama di kalangan pemuda. “Jadi belajar tidak harus bersekolah sendirian, bisa jadi seperti Ulfi yang belajar mengukir sebagai keterampilan,” katanya.

Ketika Ganjar Belajar Mengukir Burung Bangau. Tapi untuk menarik lebih banyak anak muda, SMK yang jurusan seni ukir di Kabupaten Jepara harus dibuat dan diproduksi ulang. Tujuannya, untuk mengembangkan kemampuan generasi muda sambil melestarikan budaya lokal Jepara yang beberapa orang bekerja sebagai pengrajin ukir.

Ketika Ganjar Belajar Mengukir Burung Bangau. Menurutnya, dengan sekolah formal khusus tentang ukiran, para lulusan akan lebih fokus, mulai dari ukiran gaya, karakter, teknik, termasuk cara memasarkan. “Bila lebih kreatif maka masyarakat menjual paket wisata dimana wisatawan bisa memiliki kesempatan untuk melihat bagaimana mengukir sekaligus mencoba merasakan ukiran kayu .. Jika bisa diaplikasikan maka bisa jadi turis yang kami banggakan,” jelas Ganjar.

Sebelum pulang dia bertanya kepada Ulfi tentang ukiran seekor banteng. Disana ada. Sebuah patung banteng dalam posisi siaga berduel. Tertarik dengan sosok itu, Ganjar juga membelinya.

Pin It on Pinterest