Banner Teknologi Uncategorized

Resmi Yahoo Messenger akan Ditutup 17 Juli

Written by mantapkeren
Resmi Yahoo Messenger akan Ditutup 17 Juli

Resmi Yahoo Messenger akan Ditutup 17 Juli

Resmi Yahoo Messenger akan Ditutup 17 Juli – Masa hidup Yahoo Messenger tinggal menghitung waktu. Yahoo berencana untuk menutup layanan perpesanan itu pada 17 Juli mendatang.

Yahoo menyebut perusahaannya akan mengganti Yahoo Messenger dengan layanan pesan instan baru yang lebih cocok dengan permintaan konsumen saat ini.

“Saat ini belum ada produk yang siap untuk menggantikan Yahoo Messenger,” tulis perusahaan itu dalam lamannya.

“Kami terus bereksperimen dengan layanan dan aplikasi baru, salah satunya adalah aplikasi pesan instan yang hanya bisa diakses dengan undangan yang disebut Yahoo Squirrel (saat ini dalam tahap beta).” lanjutnya, seperti ditulis TechCrunch.

Meski demikian, Yahoo menyebut bahwa layanan perpesanan yang berusia 20 tahun itu memang masih memiliki banyak penggemar setia.

Jika ingin menyimpan pesan-pesan yang ada di Yahoo Messenger, pengguna bisa mengunduh jejak pesan mereka lewat situs dalam tautan di situs Yahoo ini.

Yahoo hanya memberi waktu enam bulan bagi pengguna untuk menyimpan pesan mereka. Lewat dari batas waktu itu, pesan akan hilang sama sekali.

Yahoo Messenger sempat menjadi layanan pesan instan paling populer sejak pertama meluncur pada 1998. Namun, belakangan popularitas layanan ini tergerus dengan layanan pesan instan yang tersedia bagi pengguna ponsel seperti WhatsApp dan Facebook Messenger, seperti ditulis Fortune.

Yahoo sempat meluncurkan Yahoo Messenger versi baru pada 2015 dan mendorong pengguna untuk beralih. Namun, sepertinya hal ini tak berhasil membuat platform ini mampu bersaing. Sehingga Yahoo akhirnya memutuskan untuk menghentikan layanan ini.

Yahoo tidak pernah membeberkan jumlah pengguna aktif Yahoo Messenger. Namun secara teori, setiap pengguna yang mengakses layanan Yahoo akan otomatis log-in ke Yahoo Messenger. Jika dikalkulasi secara akumulatif selama 20 tahun terakhir, Yahoo mengklaim ada ratusan juta orang yang menggunakan layanannya.

Yahoo juga tidak menjelaskan alasan penutupan Yahoo Messenger. Kemungkinan faktornya adalah dominasi aplikasi pesan instan milik Facebook, yakni WhatsApp dan Messenger serta aplikasi lain seperti LINE, WeChat atau Snapchat.

“Karena lansekap komunikasi terus menerus berubah, kami fokus pada pembangunan dan pengenalan alat komunikasi baru yang menyenangkan dan lebih cocok bagi kebutuhan pengguna,” tulis Yahoo dikutip dari Tech Crunch.

Yahoo Messenger pertama kali debut sebagai Yahoo Pager tahun 1998. Kala itu, layanan pesan instan hanya tersedia di desktop, sebagai alternatif e-mail dan SMS. Gagasan yang diusung Yahoo Pager masa itu cukup menarik, karena sistem kirim pesan tanpa terikat penyedia jasa operator telekomunikasi tertentu.

Selain Yahoo Messenger, Oath juga menutup layanan serupa lain miliknya, yakni AIM dan AOL. Namun, Yahoo Mail masih dipertahankan.

Vettel Kudeta Posisi Hamilton Dan Juara Di Kanada

Resmi Yahoo Messenger akan Ditutup 17 Juli

Pin It on Pinterest