Banner Politik Uncategorized

Amien Rais Maju Mencalonkan Menjadi Jadi Capres

Written by mantapkeren
Amien Rais Maju Mencalonkan Menjadi Jadi Capres

Amien Rais Maju Mencalonkan Menjadi Jadi Capres

Amien Rais Maju Mencalonkan Menjadi Jadi Capres – Nama Amien Rais masuk dalam bursa calon presiden (capres) Partai Amanat Nasional (PAN). PAN serius bakal mencalonkan Amien Rais untuk menantang petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pemilu Presiden 2019.

Keinginan Amien Rais untuk maju terungkap saat buka puasa bersama di rumah dinas Ketua MPR Zulkifli Hasan, Sabtu 9 Juni. Amien bahkan menyebut banyak orang menyandingkan dirinya dengan sosok Mahathir Mohamad yang bisa mengulingkan rezim Najib Razak di Malaysia.

Namun, hal ini mendapat respons miring. Misalnya, pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Lembaga Survei Populi Center Usep S. Ahyar. Ahyar beranggapan mantan Ketua MPR era Gusdur dan Megawati itu dianggap tak punya modal politik yang cukup sehingga keinginan itu berlebihan.

Dalam catatan Ahyar, Amien tak pernah menduduki posisi eksekutif. Sementara Mahathir pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia Keempat pada 1981 hingga 2003.

“Sistemnya juga berbeda. Di Indonesia kan eksekutif. Malaysia parlementer. Perdana Menteri dipandang lebih, dalam melakukan pembangunan. MPR itu kan enggak,” kata Ahyar saat dihubungi Tirto, Senin (11/6/2018).

Jika pun hendak dibandingkan, kata Ahyar, “Ya setidaknya carilah [sosok pembanding] yang pernah jadi presiden.”

Pada sisi lain, Ahyar menyoroti gaya komunikasi politik Mahathir dan Amien Rais. Ia menilai, Mahathir punya gaya komunikasi khas terhadap Najib Razak yang sudah dianggap sosok ‘kotor’ oleh warga Malaysia.

Sementara Amien Rais, maju dengan isu yang diulang-ulang yakni sentimen keagamaan, lemahnya perekonomian, dan tidak jalannya sistem pemerintahan. Isu ini, dinilai Ahyar sebagai isu lawas. Amien butuh isu baru yang dieksplorasi berdasarkan data dan bisa memantik ketidakpercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

“Partai oposisi memang membawa isu-isu korupsi, misalnya pembohongan publik soal sertifikasi tanah itu, kan, ingin memperlihatkan pemerintah sekarang tidak benar. Tapi, kan, belum ada yang terbukti,” tuturnya.

“Pak Amien kan selama ini menyerang berbagai hal yang menjurus pada korupsi, kegagalan ekonomi dan pemerintahan. Tapi kan kenyataan berbeda. Masyarakat masih puas terhadap kinerja Jokowi, infrastruktur jalan, program-program juga,” imbuhnya.

Ahyar mengatakan saat ini banyak partai justru menginginkan calon pemimpin baru dengan usia yang masih muda. “Saya kira harus berkaca,” ucap Ahyar.

Robot Somnox Bantal Yang Mengatasi Susah Tidur

Amien Rais Maju Mencalonkan Menjadi Jadi Capres

Pin It on Pinterest