Banner Sepakbola Uncategorized

Islandia dan Panama, Negara Debutan Piala Dunia 2018

Written by mantapkeren
Islandia dan Panama, Negara Debutan Piala Dunia 2018

Islandia dan Panama, Negara Debutan Piala Dunia 2018

Islandia dan Panama, Negara Debutan Piala Dunia 2018 – Bulan Juni ini merupakan waktu yang ditunggu para pencinta sepak bola karena pertandingan empat tahunan terbesar Piala Dunia 2018 akan dilaksanakan. Namun sayangnya, dua negara besar Belanda dan Italia tidak mengikuti perhelatan Piala Dunia edisi kali ini.

Tim oranje gagal terbang ke Rusia kalah saing dengan Swedia saat babak playofff Grup A meski menang 2-0 melawan Swedia di pertandingan terakhir. Selain itu juara empat kali Piala Dunia, Italia gagal lolos Piala Dunia 2018 setelah Swedia menahan imbang pada leg kedua di Stadion San Siro. Ini kali pertama sejak 1958, Italia gagal lolos ke Piala Dunia.

Namun kejutan Piala Dunia 2018 lainnya lahir dari Panama dan Islandia. Berbeda nasib dengan Belanda dan Italia, kedua negara ini menjalani debutnya di Piala Dunia edisi kali ini. Meski debutan, jangan remehkan kedua negara ini. Sejarah mencatat beberapa negara debutan dapat mencuri perhatian dunia sepakbola. Seperti Portugal pada Piala Dunia 1966 atau Kroasia pada 1998.

Hampir lolos pada Piala Dunia 2014, namun sirna karena disingkirkan Kroasia pada babak play off, kini Islandia berkembang dan siap tampil bersama 32 kontestan Piala Dunia 2018. Dengan populasi penduduk hanya 334.252 jiwa, Islandia merupakan negara terkecil pada gelaran Piala Dunia 2018 kali ini.

Meskipun begitu, Islandia bisa saja menjadi kuda hitam yang akan menarik jutaan mata pencinta sepak bola di Dunia. Hal ini dibuktikan Islandia pada gelaran Piala Eropa 2016. Berada satu grup dengan Portugal, Austria dan Hungaria, negara es ini lolos hingga perempat final setelah penampilan spektakulernya mengalahkan Inggris.

Islandia memang telah berkembang lima hingga enam tahun terakhir. Keberhasilan Islandia tak lepas dari campur tangan mantan pelatih dan asisten pelatih yaitu Lars Lagerback dan Heimir Hallgrimsson yang kini menjabat sebagai pelatih Islandia.

Islandia mengunci puncak klasemen Grup I kualifikasi Piala Dunia 2018 melalui dua gol tanpa balas dari Gylfi Sigurdsson dan Johann Gudmundsson saat melawan Kosovo. Euforia lolosnya tim berjuluk Strakarnir Okkar ini tidak hanya terjadi di stadion Laugardalsvollur. Setelah laga usai, fans Islandia berkumpul di jalan Reykjavik, dengan dipandu para pemain timnas, para penggemar merayakan kemenangan dengan melakukan viking chant sepanjang jalan.

Debut Awal Panama di Piala Dunia

Negara debutan di Piala Dunia 2018 yang kedua adalah Panama. Negara ini harus menunggu selama 40 tahun Panama untuk mengikuti Piala Dunia. Dengan mengalahkan Kosta Rika, Panama resmi mengawali debutnya disambut oleh euforia sekitar 26 ribu di Estadio Alfonso Lastras, Panama City.

Tim asuhan Dario Gomez ini sebelumnya harus mengakui kekuatan Amerika Serikat dengan skor telak 0-4 di Orlando. Kekalahan tersebut sempat menipiskan peluang Panama berlaga di Piala Dunia 2018. Satu-satunya pilihan untuk lolos Panama harus mengalahkan Kosta Rika. Namun akhirnya gol kedua kapten mereka Ramon Torres pada menit ke-88 menjadi penenntu resminya Panama lolos kualifikasi Piala Dunia.

Tiket emas ke Rusia adalah buah kesabaran dan kerja keras mereka. Untuk merayakan kemenangan Panama, Rakyat Panama turun ke jalan dan tenggelam dalam euforia yang diluapkan dengan menari, bernyanyi hingga menangis haru ketika para pahlawannya diarak dengan mobil pemadam kebakaran. Tak hanya itu, Presiden Panama, Juan Carlos Valera juga menjadikan momen kelolosan Panama ke Piala Dunia 2018 ini sebagai hari libur nasional di sana.

Itu dia proses masuknya Islandia dan Panama sebagai dua negara baru di Piala Dunia 2018. Untuk menyaksikan pertandingan dua negara debutan Piala Dunia di Rusia tersebut, kamu bisa cek jadwal pertandingan Piala Dunia 2018 di Traveloka. Jadi, negara mana yang jadi andalan kamu di Piala Dunia tahun ini?

Ronaldo Akan Di Penjara Karena Kasus Pajak

Islandia dan Panama, Negara Debutan Piala Dunia 2018

Pin It on Pinterest